Breaking News

Pemerintahan

Geografis DKI Jakarta Tahun 2020

Kepulauan Seribu terletak sejauh 45 km di utara DKI Jakarta

DKI Jakarta adalah daerah khusus yang dijadikan sebagai ibu kota negara Republik Indonesia. DKI Jakarta resmi menjadi ibukota negara pada tahun 1961 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1964 tentang Pernyataan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya Tetap Sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia dengan Nama Jakarta. Provinsi ini terbagi atas satu kabupaten dan lima kota administrasi yaitu Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Menurut Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, DKI Jakarta berada di Pulau Jawa yang secara geografis terletak di antara 5° 10′ 00″ LS – 6° 22′ 21,5″ LS dan 106° 41′ 12,5″ BT – 106° 58′ 24,2″ BT dengan titik tertingginya berada pada ketinggian 79 meter di atas permukaan laut (mdpl). DKI Jakarta berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara; Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi di sebelah timur; Kota Depok di sebelah selatan; serta Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang di sebelah barat. Secara wilayah, DKI Jakarta dikelilingi oleh Jawa Barat, Banten, dan Laut Jawa.

Sumber: Biro Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta

Menurut pembagian wilayah administrasi, Jakarta Timur merupakan wilayah terluas dengan luas yang mencapai 27,51%. Luas Jakarta Timur disusul oleh Jakarta Selatan pada urutan kedua dengan luas yang mencapai 23,24%. Luasnya Jakarta Timur ini menjadi salah satu faktor yang mendukung banyaknya penduduk yang bermukim di wilayah ini. Sehingga, terdapat banyak fasilitas-fasilitas dari pemerintah yang berada di Jakarta Timur seperti fasilitas kesehatan, olahraga, pendidikan, dan fasilitas umum lainnya. Sedangkan, Kepulauan Seribu adalah wilayah administrasi terkecil di DKI Jakarta dengan persentase luas sebesar 1,53%. Kepulauan Seribu sendiri terletak sejauh 45 km di utara DKI Jakarta.

Sumber: Biro Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta

Jakarta Selatan dan Jakarta Timur merupakan wilayah administrasi dengan jumlah kecamatan dan kelurahan terbanyak yaitu masing-masing sebanyak 10 kecamatan dan 65 kelurahan, sedangkan untuk jumlah kecamatan dan kelurahan paling sedikit berada di Kepulauan Seribu dengan dua kecamatan dan enam kelurahan. Jika dilihat dari luas dari luas wilayahnya, Kecamatan Penjaringan di Jakarta Utara merupakan kecamatan terluas di DKI Jakarta dengan luas yang mencapai 45,41 km2, sedangkan Kecamatan Johar Baru di Jakarta Pusat merupakan kecamatan paling sempit di DKI Jakarta dengan luas 2,38 km2. Kelurahan terluas berada di Halim Perdana Kusuma di Jakarta Timur dengan luas 13,07 km2, sedangkan Kelurahan Jelambar Baru di Jakarta Barat merupakan kelurahan paling sempit dengan luas 0,14 km2.

Sumber: Biro Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta

Jika melihat dari jumlah RW dan RT, Jakarta Timur merupakan wilayah dengan jumlah RW dan RT terbanyak dengan total mencapai 709 RW dan 7.929 RT. Hal ini berhubungan dengan kepadatan penduduk di Jakarta Timur yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kepadatan penduduk di wilayah administrasi lainnya. Sedangkan, wilayah dengan jumlah RW dan RT paling sedikit berada di Kepulauan Seribu yaitu 24 RW dan 127 RT.

 

Sumber: Biro Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Deddy Lukman Shaid
Editor: Hepy Dinawati dan Dwi Puspita Sari