Breaking News

Pertahanan dan Keamanan

Jumlah Satuan Polisi Pamong Praja di DKI Jakarta Tahun 2020

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mencatat memiliki 5.323 pegawai pada tahun 2020

Dalam pasal 148 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah disebutkan bahwa Polisi Pamong Praja adalah perangkat pemerintah daerah dengan tugas pokok menegakkan perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sebagai pelaksanaan tugas desentralisasi. Merujuk pada pasal tersebut, maka Satpol PP membutuhkan jumlah personil yang dapat memaksimalkan kinerjanya berdasarkan wilayah, perda, dan kebijakan setempat. Oleh sebab itu, jumlah Satpol PP di setiap daerah dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan untuk menjalankan perda maupun kebijakan pemerintah.

Mengingat dari regulasi dan aturan Perundang-undangan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 256 Ayat 1, menyebutkan bahwa status Satpol PP adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Walau begitu, tidak serta-merta seluruh Satpol PP berstatus sebagai PNS. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, pada tahun 2020 sebesar 55% atau 2.921 orang berstatus PNS yang tersebar di tujuh wilayah satuan kerja yakni Kepulauan Seribu, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakara Utara, Jakarta Pusat dan Provinsi DKI Jakarta. Jumlah ini disusul dengan sebesar 30% atau sebanyak 1.595 orang Satpol PP yang berstatus kepegawaian sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan sebesar 15% atau sebanyak 812 orang Satpol PP lainnya berstatus sebagai Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP).

Sumber: Satpol PP Provinsi DKI Jakarta

Dari pembagian wilayah tersebut, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat memiliki jumlah Satpol PP yang berstatus sebagai PNS terbanyak dibandingkan dengan wilayah lainnya. Jakarta Selatan mempunyai Satpol PP berstatus PNS sebanyak 608 orang yang disusul oleh Jakarta Timur sebanyak 593 orang dan Jakarta Barat sebanyak 497 orang.

Sumber: Satpol PP Provinsi DKI Jakarta

Selain PNS, satuan kerja Satpol PP DKI Jakarta juga memiliki Satpol PP berstatus PTT. Data menunjukkan pada tahun 2020 tercatat sebanyak 1.595 pegawai Satpol PP yang berstatus sebagai PTT. Dari 1.595 pegawai Satpol PP yang berstatus PTT, sebesar 23,44% atau sebanyak 374 Satpol PP berada di Jakarta Selatan. Jumlah ini disusul oleh Jakarta Timur sebesar 23% atau sebanyak 367 orang dan Jakarta Barat sebesar 18,6% atau sebanyak 296 orang.

Sumber: Satpol PP Provinsi DKI Jakarta

Selain PNS dan PTT, Satpol PP DKI Jakarta juga memiliki pekerja yang berstatus sebagai PJLP. Pada tahun 2020, Satpol PP DKI Jakarta memiliki 807 anggota PJLP yang terbagi ke dalam tujuh wilayah satuan kerja. Berbeda dengan pegawai PNS dan PTT, penyebaran personil Satpol PP berstatus PJLP tertinggi berada di Jakarta Selatan dengan 173 orang, Jakarta Timur dengan 161 orang dan diikuti dengan Jakarta Pusat sebanyak 151 orang.

Sumber: Satpol PP Provinsi DKI Jakarta

Pada masa Pandemi Covid-19 ini, salah satu tugas yang sedang dijalankan oleh Satpol PP adalah menegakkan perda dalam memastikan penduduk DKI Jakarta untuk mematuhi protokol kesehatan selama berada di luar rumah seperti penggunaan masker dan menjaga jarak aman ketika sedang berada di tempat umum. Selain menjadi penegak peraturan dan kebijakan daerah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, Satpol PP juga tetap mempunyai tugas pokok dalam menjaga ketertiban di DKI Jakarta.

 

Sumber: Satpol PP Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Bernadus Satrio Bimantoro Aji Pamungkas
Editor: Hepy Dinawati dan Dwi Puspita Sari