Breaking News

Pendidikan

Jumlah Siswa Penerima Bantuan Operasional Pendidikan Tahun 2020

SD adalah sekolah dengan peserta didik terbanyak yang menerima dana Bantuan Operasional Pendidikan sebesar 71% atau sebanyak 565.400 siswa

Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) merupakan program pemerintah berupa bantuan dana terhadap sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Bantuan berupa dana yang digunakan untuk keberlangsungan proses belajar mengajar di suatu sekolah. Secara umum, dana BOP digunakan oleh sekolah untuk melengkapi fasilitas sekolah seperti pembangunan gedung dan pengadaan prasarana seperti meja, kursi hingga kebutuhan multimedia seperti komputer untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Perbedaan antara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan BOP adalah dari sumber dana berasal. Sumber dana BOS berasal dari APBN atau pemerintah pusat, sedangkan BOP berasal dari dana APBD atau pemerintah daerah.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Pada tahun 2020, terdapat sebanyak 934.307 siswa penerima dana BOP di DKI Jakarta. Jakarta Timur menjadi wilayah administrasi dengan jumlah siswa penerima dana BOP paling banyak yaitu 311.574 siswa dari semua tingkatan sekolah dari Paud sampai dengan SMA sederajat. Siswa SD merupakan siswa terbanyak yang menerima dana BOP yang mencapai 186.984 siswa. Hal ini sejalan dengan jumlah siswa SD yang merupakan siswa paling banyak di Jakarta Timur jika dibandingkan dengan siswa pada tingkatan sekolah lainnya. Kepulauan Seribu adalah wilayah administrasi yang memiliki jumlah siswa penerima dana BOP paling sedikit yaitu 4.954 siswa. Jumlah ini juga sejalan dengan proporsi siswa yang memang paling sedikit di antara wilayah administrasi lainnya di DKI Jakarta.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Grafik di atas menjelaskan bahwa siswa SD adalah siswa yang paling banyak menerima dana BOP sebesar 71% atau sebanyak 565.400 siswa. Jumlah ini diikuti oleh siswa SMP sebesar 14% atau sebanyak 220.224 siswa. Lalu, siswa SMA sebesar 6% atau sebanyak 91.196 siswa. Siswa PAUD dengan siswa SMK masing-masing sebanyak 2.515 dan 52.514 siswa. Dibandingkan dengan tingkat pendidikan sekolah lainnya, siswa SLB menjadi siswa yang paling sedikit menerima bantuan dana BOP sebanyak 2.458 siswa.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Dari tahun 2018 sampai dengan 2020, terjadi fluktuasi jumlah siswa penerima dana BOP. Pada tahun 2018, jumlah seluruh siswa penerima dana BOP di DKI Jakarta mencapai 934.296 siswa. Lalu, jumlah ini menurun sebesar 0,17% atau sebanyak 1.662 siswa. Setelah itu pada tahun 2020 mengalami penambahan sebesar 1.673 siswa.

Program dana BOP yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah mempunyai tujuan untuk memajukan pendidikan bangsa. Seluruh sekolah yang ada di DKI Jakarta tentu harus memanfaatkan dana tersebut sebaik mungkin agar terciptanya kemajuan dalam sektor pendidikan. Penambahan ruang kelas, meja belajar, komputer serta peningkatan fasilitas lainnya seharusnya dapat membantu untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pemerintah akan selalu melakukan berbagai terobosan dalam berbagai bidang, dengan pendidikan yang layak pemerintah berharap masyarakat dapat memperbaiki taraf hidupnya menjadi lebih baik lagi.

 

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Deddy Lukman Shaid
Editor: Hepy Dinawati dan Dwi Puspita Sari