Breaking News

Kependudukan

Kedatangan Penduduk dari Luar Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020

Jumlah kedatangan penduduk dari luar DKI Jakarta selama bulan Januari hingga Oktober 2020 sebanyak 103.146 jiwa dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 43% setiap bulannya

Perpindahan penduduk (migrasi) merupakan salah satu dari komponen utama pertumbuhan penduduk yang dapat menambah atau mengurangi jumlah penduduk di suatu daerah. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), jumlah penduduk DKI Jakarta setiap tahunnya bertambah hingga mencapai 11.063.324 jiwa penduduk pada tahun 2019.

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2004 Tentang Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil pada Pasal 4 ayat (1) dan Pasal 10 ayat (3) mengatakan bahwa setiap perpindahan dan pendatang wajib dilaporkan kepada Lurah maupun Dinas. Oleh karena itu, Disdukcapil selalu mendata setiap pelaporan perpindahan penduduk keluar Provinsi DKI Jakarta maupun kedatangan penduduk dari luar Provinsi DKI Jakarta

Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Jumlah kedatangan penduduk dari luar DKI Jakarta selama bulan Januari hingga Oktober 2020 yang tercatat sebanyak 103.146 jiwa dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 43% setiap bulannya. Namun nilai pertumbuhan yang positif ini diakibatkan melonjaknya jumlah pertumbuhan kedatangan penduduk di bulan Juni yang mencapai 538% dibandingkan bulan Mei. Sedangkan jika dilihat pertumbuhan setiap bulannya, selain bulan Mei dan Juni bernilai negatif atau menurun dari bulan sebelumnya.

Jumlah 103.146 jiwa ini didominasi oleh kedatangan penduduk wanita yaitu sebesar 52%. Selain itu, dari jumlah ini paling banyak datang di bulan Juni dengan persentase sebesar 20% atau 20.726 jiwa penduduk. Sedangkan jumlah kedatangan penduduk yang terendah yaitu pada bulan April dengan persentase hanya sebesar 2% atau 2.288 jiwa penduduk.

Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Jika menurut Kota/Kabupaten, jumlah kedatangan penduduk dari luar DKI Jakarta paling banyak yaitu di Jakarta Timur dengan persentase sebesar 33% atau 34.348 jiwa penduduk. Kemudian, urutan jumlah terbesar selanjutnya yaitu Jakarta Barat 22%, Jakarta Selatan 19%, Jakarta Utara 16%, Jakarta Pusat 9%, dan yang terendah di Kepulauan Seribu 0,3% atau hanya 324 jiwa penduduk.

Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta

Kelurahan dengan jumlah pendatang dari luar DKI Jakarta terbanyak yaitu di Pulo Gebang dengan jumlah persentase 1,7% atau 1.707 penduduk. Kelurahan lainnya yang masuk 10 kelurahan dengan kedatangan penduduk terbanyak diantaranya Kapuk, Penggilingan, Penjaringan, Duri Kosambi, Jatinegara, Pegadungan, Cengkareng Timur, Pondok Kelapa, dan Semanan. Kelurahn – kelurahan ini didominasi dari wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

 

Sumber: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Khoirun Nisa
Editor: Hepy Dinawati