Breaking News

Pariwisata & Kebudayaan

Kunjungan Wisatawan Mancanegara DKI Jakarta November 2021

Jumlah wisatawan asing di DKI Jakarta pada November mencatat rekor paling tinggi selama 2021, mengalahkan jumlah tertinggi sebelumnya pada April

 

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak 2020 memberi dampak ke hampir semua sektor. Pemberlakuan social distancing dan larangan bepergian berpengaruh pada jumlah wisatawan yang datang termasuk ke DKI Jakarta. Meski demikian, kasus yang melandai menjelang akhir tahun 2021 berdampak pada meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke ibu kota. Selain itu, turunnya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta menjadi level 1 serta berkurangnya masa karantina juga mendorong hal tersebut.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta 

Adapun wisman terbanyak berasal dari benua Asia selain ASEAN yang mencatat 7.404 jumlah pengunjung pada November 2021, disusul Eropa dengan 6.371 pengunjung, lalu ASEAN dengan 2.886 pengunjung. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, peningkatan jumlah pengunjung terjadi pada hampir semua wilayah, kecuali wisatawan asal Afrika.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta 

Sedangkan menurut kebangsaan, wisman yang datang terbanyak berasal dari Tiongkok, diikuti oleh Korea Selatan, Rusia, India, dan Amerika Serikat. Kontribusi Tiongkok sendiri sebesar 16,12% dari seluruh jumlah wisman yang datang ke DKI Jakarta. Jumlah wisatawan asing asal Tiongkok tersebut berkurang sebesar 1,9% jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta 

Meski demikian, jumlah keseluruhan wisman yang datang tetap mengalami peningkatan. Bahkan, jumlah wisatawan asing di bulan November mencatat rekor paling tinggi selama tahun 2021, setelah kunjungan tertinggi sebelumnya pada April 2021 yang mencapai 15.539. Kenaikan ini terjadi secara konsisten sejak Agustus hingga November 2021. Akumulasi jumlah wisman periode Januari-November 2021 mencapai 102.670 orang. Jumlah ini mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 75,2% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020 yang mencapai 414.030.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta 

Berdasarkan grafik di atas, jumlah kunjungan wisman pada November 2021 tetap mengalami kenaikan baik jika dibandingkan dengan Oktober 2021 (month-to-month), maupun November 2020 (year-on-year). Kedatangan wisman di bulan ini meningkat sebesar 38,7% secara month-to-month. Sedangkan jika dilihat secara tahunan, kunjungan wisman mengalami peningkatan sebesar 32,6%.

Secara keseluruhan, tetap terjadi pertumbuhan jumlah kunjungan meskipun terjadi penurunan dari beberapa negara asal. Penurunan yang terjadi relatif lebih kecil dibandingkan pertumbuhannya.  Hal tersebut menandakan adanya tren positif dilihat dari meningkatnya jumlah kunjungan wisata mancanegara baik secara month-to-month maupun year-on-year.

 

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis:  Muhammad Iko Dwipa Gautama
Editor:    Hepy Dinawati dan Farah Khoirunnisa