Breaking News

Pariwisata & Kebudayaan

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Oktober 2021

Jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke DKI Jakarta melalui pintu masuk bandara pada Oktober 2021 naik 232,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya

 

Sebagai ibu kota negara Republik Indonesia, DKI Jakarta mempunyai daya tarik bagi para wisatawan mancanegara sebagai pilihan lokasi berbisnis, pusat perbelanjaan hingga destinasi tempat wisata hiburan. Dengan kebijakan pemerintah untuk menurunkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 3 dan membuka kembali tempat-tempat wisata serta pintu internasional, terdapat kenaikan jumlah kunjungan warga negara asing (WNA) pemegang visa atau dengan izin tinggal masuk ke Indonesia sejak September 2021.

Pada Oktober 2021, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke DKI Jakarta melalui pintu masuk bandara tercatat 13.731 atau naik 232,1 persen dibandingkan bulan September sebanyak 4.135 kunjungan. Bila diukur dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan yang sama namun pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2020, jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 39,4 persen.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Grafik diatas menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui pintu masuk bandara Internasional Soekarno Hatta mengalami kenaikan sebesar 235,7% pada bulan Oktober dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sementara jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui pintu masuk bandara Halim Perdana Kusuma mengalami penurunan pada Oktober dibandingkan dengan bulan September. Hal ini dikarenakan penerbangan internasional tidak banyak tersedia pada bandara Halim Perdana Kusuma.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Berdasarkan kategori kebangsaan wisatawan mancanegara, terdapat lima negara asal wisatawan dengan jumlah kunjungan terbanyak ke DKI Jakarta pada Oktober 2021 yaitu Tiongkok, Korea Selatan, India, Rusia, dan Jepang. Jumlah wisatawan terbanyak berasal dari Tiongkok yaitu sebanyak 3.128 kunjungan, diikuti dengan jumlah wisatawan mancanegara terbanyak kedua dari Korea Selatan sebesar 1.233 kunjungan.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Akumulasi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Januari-Oktober 2021 mencapai 83.624 kunjungan. Angka ini masih jauh lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 399.665 kunjungan atau turun sebesar 79,1 persen.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Grafik diatas menunjukkan empat negara asia tenggara dengan wisatawan terbanyak yang berkunjung ke DKI Jakarta pada periode September-Oktober 2021. Pada Oktober 2021, jumlah kunjungan dari empat negara asia tenggara ini mengalami kenaikan cukup drastis dibandingkan dengan bulan September. Malaysia adalah negara asia tenggara dengan kunjungan wisatawan terbanyak yang datang ke DKI Jakarta lalu diikuti dengan Filipina pada urutan kedua, kemudian Singapura, dan Thailand. Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke DKI Jakarta, diharapkan dapat turut memberikan dampak positif terhadap sektor perekenomian dan pariwisata DKI Jakarta seperti sedia kala.

 

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Muhammad Amin
Editor: Hepy Dinawati dan Farah Khoirunnisa