Breaking News

Pariwisata & Kebudayaan

Perkembangan Wisatawan Mancanegara pada Januari 2022

Jumlah wisman yang berkunjung ke Jakarta pada Januari 2022 mengalami penurunan sebanyak 15,9%

DKI Jakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk menghabiskan waktu liburannya. Selain sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan, DKI Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik minat wisman. Hal ini terbukti dari kenaikan jumlah wisman yang cukup signifikan pada Januari 2022  dibandingkan dengan Januari 2021. Kendati di tengah pandemi Covid-19 minat wisman untuk melihat keindahan Kota Jakarta masih terbilang cukup tinggi, sehingga pemerintah memberikan aturan ketat agar kasus harian Covid-19 tetap terkendali.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Mengacu pada grafik di atas, jumlah wisman yang berkunjung ke DKI Jakarta pada Januari 2022 mengalami penurunan sebanyak 15,9% dibandingkan bulan Desember 2021 (month to month). Namun, jika dibandingkan dengan Januari 2021, pertumbuhan jumlah wisman melesat hingga 1.028,9% (year on year). Peningkatan tersebut disebabkan oleh kebijakan pemerintah untuk membuka penerbangan internasional dengan aturan mengenai pengawasan dan karantina.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Sedangkan jika dilihat melalui pintu masuk bandara, jumlah wisman yang datang melalui bandara Soekarna Hatta jauh lebih banyak dibanding bandara Halim Perdana Kusuma. Hal ini sangat wajar mengingat jumlah penerbangan bandara Soekarno Hatta memang lebih banyak dan merupakan pintu masuk penerbangan internasional. Berbeda dengan bandara Halim Perdana Kusuma yang digunakan untuk penerbangan domestik, kecuali untuk hal-hal yang bersifat penting (urgent).

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Berdasarkan negara asal, wisman yang berasal dari Tiongkok merupakan yang terbanyak dengan jumlah 2.070 kunjungan atau berkontribusi sebesar 14,7% dari total keseluruhan kunjungan wisman di DKI Jakarta. Angka ini berkurang sebanyak 21,8% dibandingkan Desember 2021. Selain itu, Thailand merupakan negara Asia dengan pertumbuhan wisman paling besar dibanding negara asia lainnya dengan 64,7%. Secara umum, wisman yang berasal dari Asia mendominasi dengan persentase sebanyak 42,2% atau sebanyak 5.940 kunjungan.

 

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Muhamad Iko Dwipa Gautama
Editor: Hepy Dinawati dan Farah Khoirunnisa