Breaking News

Perpustakaan

Perpustakaan dan Koleksi Buku di DKI Jakarta Tahun 2020

Tercatat sebanyak 27.519 anggota baru yang mendaftar di Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2020

Perpustakaan sebagai tempat yang disediakan untuk berbagai koleksi buku mempunyai peran yang penting sebagai ruang dalam menggali informasi dan ilmu pengetahuan. Perpustakaan merupakan salah satu tempat sumber ilmu yang berisikan berbagai koleksi buku, majalah, koran, dan lain-lain. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki perpustakaan berbasis teknologi informasi yang berjumlah tujuh buah. Perpustakaan tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu perpustakaan umum tingkat provinsi dan perpustakaan umum tingkat kota. Perpustakaan yang berbasis teknologi informasi tidak hanya menyediakan koleksinya dalam bentuk cetak, namun juga dalam bentuk digital.

Perpustakaan sebagai ruang yang menyimpan berbagai koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lain untuk dibaca, dipelajari, dan juga dibicarakan oleh para pembacanya. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta senantiasa berusaha menjaga dan menambah koleksinya.


Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

Sampai dengan tahun 2020, tercatat sebanyak 1.692.998 koleksi buku di perpustakaan yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta. Jumlah ini meningkat sebesar 34% atau sebanyak 429.741 buku sejak tahun 2016. Terdapat pengurangan jumlah koleksi buku dari tahun 2016 sampai dengan 2017 dikarenakan Dispusip Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan stok pendataan mengenai seluruh koleksi dalam rangka mengetahui kuantitas dan kualitas koleksi yang ada. Tahun 2017 merupakan tahun dengan jumlah koleksi buku paling sedikit di DKI Jakarta dari tahun 2016 sampai dengan 2020.

Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

Dispusip Provinsi DKI Jakarta mencatat adanya pengurangan jumlah pengunjung sejak tahun 2018 sebanyak 2.741.967 pengunjung. Namun, penurunan yang paling signifikan terjadi pada tahun 2020 sebanyak 1.894.556 pengunjung. Penurunan jumlah pengunjung ke perpustakaan dapat disebabkan karena digitalisasi perpustakaan yang memungkinkan orang-orang dapat mengakses sumber informasi seperti buku, majalah, dan/atau jurnal melalui daring.

Namun disela-sela penurunan tersebut rupanya terdapat kenaikan dari jumlah anggota perpustakaan pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 52,46% atau sebanyak 14.436 anggota. Masyarakat yang ingin mendaftar keanggotaan Perpustakaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini sudah dapat mendaftar secara daring. Selain untuk pendataan, kartu keanggotaan ini juga berfungsi untuk memungkinkan masyarakat dalam meminjam koleksi perpustakaan secara cetak maupun mengakses secara digital.

Perpustakaan merupakan wadah untuk melihat dunia lebih jauh. Banyak ilmu yang tersedia dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dari koleksi yang ada di perpustakaan. Meskipun era digital membuat peminat perpustakaan berpaling ke media elektronik, namun pesona akan perpustakaan masih tetap terasa. Suasana yang khas di setiap perpustakaan tetap menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi para pengguna perpustakaan.

 

Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Salman Haydar dan Muhammad Amin
Editor: Hepy Dinawati dan Dwi Puspita Sari