Breaking News

Komunikasi & Informatika

Publikasi Siaran Pers Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020

Kategori Kesehatan merupakan kategori terbanyak yang terpublikasi pada Siaran Pers Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020

Siaran Pers adalah tulisan atau berita yang bersifat pengumuman yang diperuntukkan kepada publik untuk mengetahui informasi terkini. Siaran pers biasanya dilaksanakan secara langsung dengan mengundang awak media. Beberapa media yang digunakan dalam penyampaian informasi adalah surat kabar, koran, dan majalah. Meskipun surat kabar atau pun koran juga dapat memberikan informasi, pertemuan tatap muka seperti siaran pers dinilai lebih baik oleh sebagian masyarakat dikarenakan dapat bertemu langsung dengan para narasumber. Beberapa kategori yang biasanya diumumkan dalam siaran pers adalah kesehatan, pendidikan, lingkungan, keagamaan, olahraga, dan sebagainya.

Sumber: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta

Disrupsi digital yang disebabkan oleh pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mulai menyebar pada Maret 2020 di DKI Jakarta telah mengubah cara pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada publik. Siaran pers yang biasanya dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara tatap muka (offline) di Balai Kota Provinsi DKI Jakarta kini telah beralih menjadi tatap muka secara virtual (online). Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik  Provinsi DKI Jakarta mencatat selama tahun 2020, terdapat sebanyak 796 siaran pers. Dari grafik di atas dapat dilihat bahwa Maret dan Juni merupakan bulan dengan jumlah siaran pers terbanyak sepanjang tahun 2020. Siaran pers pada kedua bulan ini banyak membahas topik yang berkaitan dengan kesehatan, penanggulangan bencana, keagamaan, dan lain sebagainya. Adapun salah satu contoh judul siaran pers pada Maret 2020 dengan topik kesehatan yaitu Pembentukan Tim Tanggap Covid-19. Hal ini berkaitan erat dengan awal dimulainya pandemi ini di DKI Jakarta.

Sumber: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta

            Setengah dari siaran pers sepanjang tahun 2020 membas topik tentang kesehatan. Jumlah ini sejalan dengan kondisi DKI Jakarta yang sedang menghadapi pandemi Covid-19. Sehingga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara terus menerus memberikan informasi terkait kesehatan. Pada topik ini, siaran pers menginformasikan tentang perubahan aktivitas selama pandemi, himbauan dalam menjaga kesehatan, informasi perkembangan pasien terpapar dan korban meninggal dunia dikarenakan Covid-19, pembentukan tim tanggap Covid-19, dan lain sebagainya.

Sumber: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta

            Masyarakat yang tidak berkesempatan untuk menyaksikan siaran pers secara langsung dapat mengunduh dengan cara mengunjungi portal resmi media terkait untuk membaca secara daring maupun mengunduh informasi siaran pers. Pada tahun 2020, tercatat sebanyak 38.911 download dan 608.304 previewed. Jika dilihat menurut bulan, Mei menjadi bulan dengan jumlah download dan previewed terbanyak yaitu 8.298 download dan 124.697 previewed. Salah satu faktor tingginya angka tersebut dikarenakan banyaknya penduduk yang mencari informasi mengenai peraturan tentang pembatasan mobilitas penduduk selama Hari Raya Idul Fitri 1441 H pada situs resmi pemerintah.

            Sejak merebaknya pandemi Covid-19 ini, masyarakat menjadi peka terhadap berita mengenai pandemi. Salah satu hal yang dilakukan adalah mencari informasi terkait pada situs resmi pemerintah atau media elektronik lainnya. Melalui informasi dari siaran pers, masyarakat dapat melakukan tindakan preventif dalam menghadapi situasi pandemi.

 

Sumber: Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Dwi Puspita Sari
Editor: Hepy Dinawati