Kesehatan

Sekilas tentang Kesehatan di DKI Jakarta

Selama tahun 2022, sebanyak 99,06% ibu telah melakukan proses persalinan dengan bantuan tenaga medis

Kesehatan merupakan salah satu sektor penting dalam membangun masyarakat yang maju. Penduduk yang sehat dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga menimbulkan produktifitas tinggi. Selain itu, penduduk yang sehat juga dapat menjadi unggul pada sektor-sektor lain seperti pendidikan maupun perekonomian sebagai indikator kesejahteraan rakyat. Untuk mewujudkan hal ini, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat seperti menambah fasilitas dan akses kesehatan serta menambah jaminan layanan kesehatan, agar lebih mudah dan terjangkau. Melalui artikel berikut akan dibahas data terbaru hingga Maret 2022 terkait kondisi kesehatan di DKI Jakarta yang meliputi persentase imunisasi, umur harapan hidup, dan persentase tempat penolong kelahiran.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Imunisasi adalah sebuah cara untuk memberi kekebalan terhadap penyakit tertentu dengan tujuan untuk mencegah penyakit atau mengurangi resiko terdampak penyakit. Kota Jakarta Timur menjadi wilayah dengan persentase imunisasi tertinggi pada tahun 2022. Sementara itu, Kepulauan Seribu menjadi yang terkecil dengan 39,98%. Secara umum, sebanyak 62,30% anak usia 0-59 bulan di DKI Jakarta sudah mendapatkan imunisasi. Angka ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat DKI Jakarta  tentang pentingnya imunisasi sudah cukup baik.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Umur harapan hidup (UHH) merupakan salah satu faktor yang menggambarkan kesehatan suatu wilayah. Hal ini dapat terjadi karena seiring dengan meningkatnya kualitas kesehatan seseorang, maka peluang harapan hidup pun turut bertambah. Pada tahun 2022, angka UHH DKI Jakarta berada pada angka 73,32 tahun. Angka ini menggambarkan bahwa harapan hidup seorang bayi yang baru lahir bisa mencapai usia kurang lebih sekitar 73 tahun. Selain itu, nilai ini meningkat sebanyak 0,31 (0,42%) dari tahun 2021. Jika dilihat lagi selama sepuluh tahun terakhir, UHH warga DKI Jakarta terus secara konsisten mengalami peningkatan. Hal ini menjelaskan bahwa kualitas kesehatan masyarakat DKI Jakarta berjalan ke arah positif.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta

Proses kelahiran bayi harus didampingi oleh tenaga kesehatan profesional seperti dokter dan bidan. Selama tahun 2022, sebanyak 99,06% ibu telah melakukan proses persalinan dengan bantuan tenaga medis. Dokter kandungan menjadi tenaga medis yang membantu persalinan paling banyak dengan 60,32%. Sementara itu, pada posisi kedua sebanyak 35,52% memilih bidan sebagai tenaga kesehatan yang membantu proses kelahiran. Tingginya persentase masyarakat yang melakukan proses kelahiran dengan tenaga medis ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat mengenai kesehatan bayi dan ibu sudah cukup tinggi.

Sumber: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Deddy Lukman Shaid
Editor: Hepy Dinawati dan Farah Khoirunnisa