Hasil Survey

SKM TW 1 2023 Dinas Pendidikan Masuk dalam Kategori Baik

Nilai kepuasan internal guru SMA Negeri DKI Jakarta berada pada angka 80,43. Berdasarkan PERMENPAN RB No.14 Tahun 2017, angka ini masuk dalam kategori mutu pelayanan B atau baik

Pada pertengahan Februari hingga pertengahan Maret 2023, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta melakukan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan pertama (SKM TW1). Survei ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. SKM Dinas Pendidikan terbagi atas survei internal dan survei eksternal. Pada survei internal, responden terdiri dari 318 guru SMA Negeri dan 165 guru SMK Negeri. Kemudian survei eksternal pada kategori murid terdiri dari 394 responden yang berasal dari 251 murid SMA Negeri dan 143 murid SMK Negeri.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Nilai kepuasan internal guru SMA Negeri DKI Jakarta berada pada angka 80,43. Berdasarkan PERMENPAN RB No.14 Tahun 2017, angka ini masuk dalam kategori mutu pelayanan B atau baik. Namun, nilai pada TW 1 2023 mengalami penurunan sebesar 0,08 jika dibandingkan dengan TW sebelumnya. Bahkan nilai ini menjadi yang terendah sejak tahun 2022. Begitu juga dengan nilai kepuasan yang diberi oleh kategori guru SMK Negeri. Hasil survei kepuasan mengalami penurunan dan menjadi yang terendah sejak tahun 2022. Terjadi penurunan pada periode TW 4 2022 dan TW 1 2023 sebesar 1,91 poin, namun nilai kepuasan masih termasuk dalam kategori nilai B.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Secara umum, nilai kepuasan survei internal pada TW 4 adalah sebesar 79,81, dengan kata lain termasuk pada kategori baik (B). Angka ini didapat dari penghitungan rata-rata nilai indikator secara keseluruhan. Jika dijabarkan lebih detil, nilai kepuasan tertinggi berasal dari indikator biaya/tarif dengan 84,68. Variabel pada indikator ini menyatakan bahwa pendidik tidak dikenakan biaya terkait pelayanan mengenai kenaikan pangkat. Sementara itu, nilai terendah berasal dari indikator waktu pelayanan yaitu 76,61. Meskipun penilaian secara keseluruhan masih berada pada kategori B, namun peningkatan layanan mutlak diperlukan. Hal ini juga tidak lepas dari saran dan masukan yang diberikan oleh responden. Perbaikan pelayanan, kesempatan kenaikan pangkat hingga penyampaian keputusan yang lebih terkoordinasi merupakan saran dan masukan yang diberikan oleh responden pada SKM periode kali ini. Sesuai dengan tujuan diadakan SKM, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tentu akan menindaklanjuti saran dan masukan ini agar menjadi lebih baik kedepannya.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

SKM TW 1 2023 Dinas Pendidikan eksternal dilakukan kepada murid SMA dan SMK Negeri DKI Jakarta. Survei dilakukan kepada 251 murid SMA Negeri dan 143 murid SMK Negeri. Seluruh responden terdiri dari 146 (37%) laki-laki dan 248 (63%) perempuan. Nilai kepuasan murid SMA Negeri berada pada angka 85,30 (kategori B), turun sebesar 0,08 poin jika dibandingkan dengan TW sebelumnya. Jika dibandingkan dengan penilaian selama tahun 2022, nilai kepuasan pada kategori SMA Negeri cenderung fluktuatif dengan nilai tertinggi sebesar 86,40 yang terjadi pada TW 2 2022 dan nilai terendah pada TW 1 2022 dengan 78,95. Sama halnya dengan nilai kepuasan pada kategori SMK Negeri. Nilai kepuasan pada kategori ini juga mengalami naik-turun sejak tahun 2022 hingga TW 1 tahun 2023. Pada TW 1 2023, nilai kepuasan kategori SMK Negeri berada pada angka 83,51. Nilai ini juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya (TW IV 2022) sebesar 0,69 poin. Meskipun kedua kategori di atas mengalami penurunan jika dibandingkan TW sebelumnya, namun nilai kepuasan pada TW ini masih berada pada kategori baik.

Sumber: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Secara keseluruhan, nilai kepuasan eksternal adalah 84,65 dan masuk ke dalam kategori baik. Angka ini merupakan hasil rata-rata dari penjumlahan nilai semua indikator. Indikator dengan nilai tertinggi berasal dari indikator biaya. Indikator ini memiliki nilai kepuasan sebesar 89,59. Aturan mengenai penggunaan perpustakaan tanpa biaya membuat nilai kepuasan pada indikator ini menjadi yang paling tinggi. Sedangkan indikator paling rendah berasal dari sistem mekanisme prosedur dan penanganan aduan dengan nilai 82,99. Tiap-tiap indikator ini membahas mengenai prosedur layanan perpustakaan dan kecepatan layanan pustakawan yang bertugas. Sama seperti survei internal Dinas Pendidikan, survei eksternal juga menerima masukan dari tiap responden. Saran dan masukkan yang diterima sebagian besar mengarah kepada sarana dan prasarana dan peningkatan proses pembelajaran.

Sumber: Hasil Survei SKM TWI-2023 Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Deddy Lukman Shaid
Editor: Bidang Data dan Statistik Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta