Breaking News

Lingkungan Hidup

Tempat Pembuangan Sementara Sampah di DKI Jakarta Tahun 2020

Jumlah tempat pembuangan sementara (TPS) sampah di DKI Jakarta pada tahun 2020 mencapai 1.004 

Sampah adalah sisa-sisa yang dibuang dari produksi sebuah rumah tangga maupun industri. Aktivitas yang dilakukan masyarakat setiap harinya menghasilkan material yang biasa disebut sampah. Sebagai upaya terciptanya lingkungan bersih dan sehat untuk masyarakat DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya dalam meningkatkan kebersihan lingkungan. Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang kebersihan lingkungan, di antaranya melalui pengelolaan sampah sungai dan tempat penampungan sementara (TPS) sampah. TPS adalah tempat sebelum sampah diangkut untuk dibawa ke tempat pengolahan atau daur ulang sampah.

Sumber: Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Lokasi penyaringan sampah di DKI Jakarta tersebar di lima kota administrasi sebanyak 28 sungai. Penyaringan sampah tersebut sudah menggunakan mechanical electrical hydraulic (ME-H). Mesin ini mengubah tenaga air menjadi tenaga listrik yang akan digunakan untuk menggerakkan trash rake atau saringan sampah. Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta menunjukkan bahwa volume sampah yang tersaring di lima kota administrasi di DKI Jakarta berbeda-beda. Volume sampah paling banyak berada di Jakarta Barat yaitu 156,50 m3 dari rata-rata enam sungai. Sedangkan, volume paling sedikit berada di Jakarta Pusat sebanyak 44 m3 dari rata-rata dua sungai. Meskipun jumlah sungai di Jakarta Utara paling banyak jika dibandingkan dengan wilayah lainnya, tetapi rata-rata volume sampah yang tersaring lebih sedikit jika dibandingkan dengan empat wilayah lainnya setelah Jakarta Pusat.

Sumber: Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Selain pengelolaan sampah sungai melalui ME-H, terdapat juga pengelolaan sampah melalui TPS sampah. Sebelum sampah dari warga DKI Jakarta diangkut truk sampah untuk didistribusikan ke tempat pembuangan akhir atau ke tempat pengelolaan sampah lainnya, sampah tersebut ditampung terlebih dahulu ke TPS. Pada tahun 2020, jumlah TPS sampah di DKI Jakarta mencapai 1.004 TPS yang tersebar di lima kota administrasi. Jumlah TPS paling banyak berada di Jakarta Timur yaitu 341 TPS, sedangkan jumlah TPS paling sedikit berada di Jakarta Pusat yaitu 117 TPS. Banyaknya jumlah TPS di Jakarta Timur berbanding lurus dengan banyaknya jumlah penduduk di wilayah ini sehingga selayaknya mempunyai TPS paling banyak jika dibandingkan dengan wilayah administrasi lainnya.

Sumber: Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Berdasarkan data dari DLH Provinsi DKI Jakarta, status kepemilikan lahan TPS tidak hanya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun pemerintah pusat saja. Faktanya, beberapa lahan TPS dimiliki oleh perusahaan swasta, perumahan, dan milik warga pribadi. Berdasarkan jenis TPS, DKI Jakarta memiliki tujuh jenis TPS yang terdiri dari bak beton, dipo, lintas, pool container, pool gerobak, TPS, dan TPS reduce, reuse, dan recycle (3R). Jenis TPS paling banyak adalah pool gerobak sebanyak 362 TPS dan jenis TPS paling sedikit adalah TPS 3R sebanyak delapan TPS. Walaupun TPS 3R mempunyai jumlah paling sedikit dibandingkan dengan jenis TPS lainnya, namun pada umumnya TPS 3R mempunyai wilayah yang lebih luas jika dibandingkan dengan jenis TPS lainnya. Hal ini disebabkan karena proses TPS 3R lebih panjang dan lama jika dibandingkan dengan TPS yang lain. Terdapat beberapa proses yang dilakukan di TPS 3R, salah satunya adalah memilah. Proses pemilahan sampah ini juga bergantung dengan luas TPS 3R yang ada. Sebagai contoh TPS 3R dengan luas kurang dari 200 m2 disarankan untuk menampung sampah yang tercampur sebesar 20,00% dan sampah yang sudah terpilah sebesar 80,00%.

Tanpa disadari, semakin banyak masyarakat yang melakukan aktivitas, semakin banyak juga sampah atau sisa-sisa dari aktivitas tersebut. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya dalam meningkatkan kebersihan lingkungan sebagai upaya terciptanya lingkungan bersih dan sehat untuk masyarakatnya. Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang kebersihan lingkungan. Setiap TPS sampah yang telah disediakan ini sebaiknya dapat digunakan dengan baik agar lingkungan tempat tinggal masyarakat dapat terjaga kebersihannya.

 

Sumber: Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Bernadus Satrio Bimantoro Aji Pamungkas dan Gagar Asmara Sofa
Editor: Hepy Dinawati dan Dwi Puspita Sari