Breaking News

Pendidikan

Titik Lokasi Layanan Perpustakaan Keliling di DKI Jakarta per Semester 1 Tahun 2020

Tercatat sebanyak 633 perpustakaan keliling yang tersebar di lima kota administratif di DKI Jakarta per semester 1 tahun 2020

Perpustakaan keliling dapat didefinisikan sebagai perpustakaan yang berpindah atau bergerak dan membawa berbagai koleksi. Adapun koleksinya meliputi buku, koran, majalah, dan berbagai koleksi lainnya untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya yang belum dapat dijangkau oleh perpustakaan umum pemerintah kota/kabupaten yang menetap. Secara umum, perpustakaan keliling dapat dikatakan sebagai suatu alternatif layanan yang mempunyai terobosan teknologi modern dimana dapat melakukan pelayanan menggunakan jasa transportasi untuk menyediakan koleksi bahan bacaan kepada pemustaka secara terbuka di luar ruangan. DKI Jakarta mempunyai perpustakaan keliling yang tersebar ke beberapa titik lokasi.

Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

Pada semester pertama tahun 2020, terdapat 633 titik lokasi perpustakaan keliling yang tersebar di lima kota administratif di DKI Jakarta. Jakarta Utara menjadi kota yang mempunyai titik lokasi perpustakaan keliling paling banyak dibandingkan dengan empat kota administratif lainnya dengan total mencapai 160 titik. Sedangkan, Jakarta Pusat menjadi kota yang memiliki titik lokasi perpustakaan paling sedikit dengan jumlah 98 titik.

Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

Grafik batang pertama di atas menunjukkan 10 kecamatan dengan jumlah titik lokasi perpustakaan keliling terbanyak. Jika melihat jumlah titik lokasi perpustakaan keliling berdasarkan kecamatan, maka Kecamatan Cilincing yang berada di Jakarta Utara menjadi kecamatan yang paling banyak mempunyai titik lokasi perpustakaan keliling yaitu sebanyak 58 titik. Jumlah ini berbanding lurus dengan Jakarta Utara yang menjadi kota dengan titik lokasi perpustakaan keliling paling banyak.

Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

Grafik batang kedua di atas ini menunjukkan 10 kecamatan dengan titik lokasi perpustakaan keliling paling sedikit. Kecamatan Mampang Prapatan menjadi kecamatan yang memiliki jumlah lokasi perpustakaan keliling paling sedikit yaitu hanya 1 titik.

Jumlah perpustakaan keliling yang banyak dengan lokasi titik yang tersebar dan mudah dijangkau oleh masyarakat di DKI Jakarta hendaknya dapat menjadikan pemustaka lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan akan informasi. Meskipun belum merata di semua kecamatan di DKI Jakarta, namun keberadaan perpustakaan keliling ini merupakan tanda awal bahwa perpusatakaan akan menjadi mudah untuk diakses oleh publik.

 

Sumber: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
Penulis: Deddy Lukman Shaid
Editor: Hepy Dinawati dan Dwi Puspita Sari